Rabu, 27 Mei 2015

Pantai Sawarna

Heiho,setelah lumayan lama libur nulis akhirnya nulis lagi ya😃
Kali ini aku mau nulis tentang pengalaman aku ke pantai sawarna, yup, pantai sawarna, hari gini masih ada yang belum tahu pantai sawarna? please deh guys.. oke, langsung aja ya 😄
semuanya berawal dari salah satu temanku yg tiba-tiba mencetuskan niat buat ngecamp di pantai, setelah berdebat dan berembuk sana sini akhirnya kita pastiin buat ke pantai sawarna, tapi gak ngecamp, hehe. Yup akhirnya tanggal 10 februari 2015, aku dan 4 orang temanku (cowok semuaa😂 aku perempuan sendirian loh) berangkat ke sawarna. Starting point nya dari rumah ku di daerah pulogadung jakarta timur, kami berangkat dari jakarta jam 9 malam, kami bawa kendaraan pribadi, oh ya perjalanan ke sawarna bisa di tempuh melalui 2 jalur ya, pertama lewat sukabumi, lalu yg kedua lewat serang. supaya jelas aku babarin rute nya ya.

#Perjalanan ke Pantai Sawarna Melalui Sukabumi:

Dari Jakarta masuk Tol Jagorawi dan keluar Tol Ciawi, dari Tol Ciawi ambil jalur Sukabumi, kamu akan melewati daerah Caringin, Lido, Cicuruk, Parung Kuda, di daerah Parung Kuda, akan ada persimpangan mengarah Pelabuhan Ratu melalui Cikidang,dari Cikidang terus sampai Pelabuhan Ratu,dari Pelabuhan Ratu ambil jalur menuju Banten. kamu akan melewati daerah Cisolok, Tanjakan Habibie, Gunung Batu, di daerah gunung batu ada Simpang Tiga namanya simpang ciawi,  elok kiri menuju Desa Sawarna.

#Perjalanan ke Pantai Sawarna Melalui Serang:

Dari Jakarta ambil tol ke arah Merak, keluar Tol Serang Timur, kamu akan memasuki Kota Serang, kamu ambil jalur menuju Pandeglang, dari pandeglang kamu bisa melewati daerah Saketi atau Gunung Kencana, kedua rute tersebut akan menuju Malimping, dari Malimping ambil Arah ke Bayah, sesampai dibayah akan ada persimpangan yang ditandai dengan tugu atau terminal Bayah, belok kanan mengarah ke Sawarna.

Kalau dari jakarta saran ku adalah berangkat malam dan ambil rute pertama, karena rute pertama itu sebenarnya 'memangkas' jalan, jadi nanti memang akan ada kita melewati bukit/gunung yg agak sepi dan gelap, tapi pastinya lebih hemat waktu, cuma diperhatikan juga faktor kendaraan nya ya, gak kebayang kalo mobil mogok di tengah perjalanan rute pertama, agak horor man, haha. Oh ya perjalanan dengan rute pertama memakan waktu 4,5 jam (jalan santai), itupun sudah termasuk berhenti makan dan merokok ya, dan itu pun kami berangkat malam jam 9, jadi no macet hehe. Perjalanan rute pertama memang agak ekstrim kalau menurut aku, karena kita akan melewati perkampungan yg sepi dan agak masuk entah itu namanya gunung,bukit atau hutan, intinya sepi gak ada rumah penduduk dan gelap, jalanannya pun berkelok kelok banyak tikungan,tanjakan dan turunan (so, pastikan drivermu handal ya).
Setelah melalui 4,5 jam perjalanan, sampai lah kami di desa sawarna, bayah. Kami pun langsung contact ke penginapan yg sudah kami booking sebelumnya, namanya penginapan MALIBO, recommended banget loh guys, bentuknya cottage gitu, dan alami banget, ada 2 type, type bambu dan kayu, untuk rate nya pun cuma di harga 200ribu/mlm/kamar, 1 kamarnya itu bisa dipakai untuk 6 orang, kebayang dong murahnya kalau patungan, cucok deh buat backpackeran ala ala gitu. Dan kerennya lagi penginapan ini cuma berjarak 150 meter dari bibir pantai, plus ibu penginapannya ramah banget hehe. Oh ya, untuk sampai ke penginapan MALIBO ini kita gak bisa bawa mobil dan parkir di penginapannya ya, karena letaknya masuk ke dalam yg cuma bisa ditempuh dgn cara jalan kaki atau naik ojek, kalau aku sih karena waktu sampai nya sudah jam setengah 2 pagi prefer naik ojek karena belum tahu juga letaknya. Jadi akhirnya kami parkirlah mobil kami di tempat parkir mobil di depan yg disediakan (tip nya  20ribu/malam). Akhirnya kami naik 3 ojek, daaaan astaga untung kami naik ojek bukan jalan kaki karena sumpah ke dalam nya gelaaaap sekali dan masih banyak sawah sawah, karena letaknya penginapan ini ternyata paling ujung dekat pantai, amazing tapi perjuangan juga sih untuk sampai kesananya. Akhirnya tepat jam 2 pagi kami sudah santai leyeh leyeh di cottage, ngobrol ngalor ngidul sambil makan mie instant sampai jam 3 dan kami pun istirahat.
Paginya, kami bangun kesiangan, jam 10 pagi kami baru bangun (gak apa lah ya namanya juga holiday)haha, kami buka pintu kamar dan wow.... subhanallah ternyata pemandangan depan cottage itu laut, semalam karena gelap kami tidak terlalu memperhatikan, astaga indahnya... Setelah menyantap sarapan pagi nasi goreng ala ibu pemilik penginapan, kami pun bergegas turun ke pantai dan bermain main seharian di pantai. Sampai akhirnya kami menghabiskan wakti seharian berleyeh leyeh di pantai dengan makan cemilan dan minum es kelapa muda, subhanallah, nikamatnya hidup (lebay). Sampai tiba waktunya sore hari kamipun bergegas kembali ke cottage dan sebelum maghrib kami pun check out. Kali ini untuk keluar nya kami mencoba jalan kaki karena kami sudah tahu rute keluarnya dan suasana juga belum gelap, setelah 15 menit berjalan kaki dan ngos ngosan, akhirnya sampailah kami di ind*mart sebelah tempat kami parkir mobil, belanja belanji cemilan,minuman dan rokok pastinyaa, setelah itu kita pun cusss pulang ke jakarta. Yup, memang liburan kami hanya 1 malam, tapi lumayan lah untuk refresh otak yg tegang, hehe.. Buat yang belum pernah ke sawarna, yuk cus ke sawarna.  Have a great trip Guys.. 😄 Salam bolang..